5 Cara Mengukur Efektivitas Iklan di Facebook Ads

Dalam menjalankan sebuah strategi digital marketing, sering kali kita harus menggunakan sebuah iklan di facebook ads. Dalam pemanfaatannya kita sering bertanya-tanya mengenai efektivitas iklan di Facebook ads. Nilai efektivitas tersebut sebenarnya bisa kita ukur apabila kita mengetahui caranya.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Sookawan sekalian mengenai cara terbaik dalam mengetahui efektivitas iklan di Facebook ads.

 

Parameter Mengukur Efektivitas Iklan Facebook Ads

Sebelum melakukan perhitungan efektivitas sebuah iklan yang kita jalankan pada Facebook ads, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai parameter atau metriks dari iklan digital. Facebook ads memang dikenal sebagai tools yang memiliki potensi yang sangat besar dalam menjangkau audiens, meningkatkan brand awareness dan memungkinkan kita meraih penjualan besar.

Berikut adalah parameter yang harus Sookawan ketahui agar dapat mengerti cara mengukur efektivitas iklan di Facebook ads.

1. Relevance Score

Relevance Score adalah sebuah parameter yang dapat kita lihat pada data insight Facebook Ads. Parameter relevance score akan menjabarkan tingkat relevansi antara iklan yang sudah Anda tampilkan dengan audiens. Relevance score bisa Anda hitung berdasarkan umpan balik positif dan negatif yang Anda peroleh dari audiens.

Relevance score akan berbanding lurus dengan tingkat feedback positif. Anda akan mendapatkan relevance score yang besar saat feedback positif Anda juga besar. Jika iklan Anda dianggap mengganggu maka Anda akan mendapatkan relevance score yang rendah.

2. Return on Ads Spend (ROAS)

Iklan di facebook ads
Sumber Foto: Medium.com

Parameter lain yang bisa Anda jadikan patokan dalam mengukur efektivitas iklan Facebook adalah ROAS atau Return on Ads Spend. ROAS adalah sebuah parameter untuk mengukur kinerja pemasaran sebuah produk secara keseluruhan. Sebelum menjalankan sebuah bisnis, Anda harus menentukan terlebih dahulu nilai ideal ROAS dari lini bisnis yang Anda jalani.

Cara menghitung ROAS sangat mudah, Anda harus mengetahui informasi dasar seperti harga modal keseluruhan, harga jual produk, dan harga iklan yang sudah Anda keluarkan pada Facebook Ads. Rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung ROAS adalah Total Pendapatan) ÷ (total pengeluaran biaya iklan). Semakin besar angka yang Anda dapatkan maka semakin besar

3. Cost per Click (CPC)

Sumber Foto: Freepik.com

Cost per Click (CPC) adalah sebuah parameter yang akan mengindikasikan harga iklan yang harus Anda keluarkan per klik konten. Dengan menggunakan CPC Anda akan mengetahui perhitungan harga iklan Facebook Ads, dengan cara menghitung berdasarkan per-klik iklan yang berjalan. Dalam melakukan iklan Facebook perlu Anda ketahui bahwa sistem yang digunakan adalah sistem bid (lelang).

4. Click through Rate (CTR)

Iklan di facebook ads
Sumber Foto: Freepik.com

Parameter kedua adalah Click through Rate (CTR), yaitu sebuah rasio antara jumlah impresi yang Anda bandingkan dengan klik. Jadi saat Anda memiliki 1000 impresi dengan jumlah klik sebanyak 10, maka CTR Anda adalah 10/1000 = 1%. Anda bisa menargetkan jumlah CTR yang tinggi untuk mengetahui efektivitas dari iklan Anda. Klik yang kami maksudkan adalah klik yang menuju ke landing page atau checkout page Anda.

5. Conversion Rate (CR)

Parameter kelima yang bisa Anda gunakan untuk mengukur efektivitas iklan Facebook adalah conversion rate (CR). Dengan menggunakan CR Anda bisa mengetahui seberapa efektif iklan facebook Anda dalam mendapatkan feedback dan konversi. Conversion rate ini bisa Anda hitung dengan cara membandingkan jumlah konversi atau pembelian Anda dengan total jumlah iklan yang yang sudah di klik oleh calon konsumen. Saat Anda memiliki 1000 kali klik dan menghasilkan 30 konversi penjualan, maka nilai conversion rate Anda untuk iklan tersebut adalah 30/1000=3%.

 

Penutup

Dalam menjalankan iklan pada Facebook Ads memang Anda memerlukan pengetahuan yang memadai mengenai strategi dan parameter penting untuk menghitung efektivitasnya. Sookawan bisa mendapatkan tips dan trik dalam hal digital advertising lainnya pada blog Sooca Digital agar dapat selalu update dengan perkembangan teknologi informasi.